Cordoba - Andalusia - Spanyol

Setelah menghabiskan waktu 3 malam di Barcelona kita melanjutkan wisata ke kota lain di spanyol yang tidak kalah menakjubkan. Perjalanan wisata kali ini saya bersama istri (Ifa Ruhiana) dan Granada di Andalusia adalah tujuan selanjutnya. Dengan menggunakan pesawat dari Barcelona tibalah kita di Granada airport yang relatif kecil dan terlihat sedikit gersang. Selanjutnya dari airport kita memutuskan untuk menggunakan Bus Airport  yang telah siap di depan pintu keluar menuju ke City Centre dengan ongkos 3 euro per orang. Dan kebetulan halte bus dekat dengan hotel tempat kita menginap yang terletak  di Puerta Real persis ditengah kota Granada.

Setelah tiba di hotel Victoria Granada dan melakukan check in hotel kita berdua langsung memutuskan melanjutkan perjalanan menuju Cordoba yang berjarak 160 km. Dengan menggunakan mobil sewaan kita berkendara melalui kebun kebun Zaitun yang berderet sangat rapi hampir disepanjang jalan kiri kanan dari Granada menuju Cordoba. Hanya sesekali kita melewati kampung kampung kecil yang terletak diantara kebun zaitun dan sebagian lagi menempel di atas bukit bukit kecil, dan pastinya keliatan sangat sepi.

N-432 Granada to Cordoba

Castillo de la Mota, Alcala la Real, Andalusia, Spanyol
Selamat Datang Di Cordoba

Setelah berkendara 2 jam sampailah kita di kota Cordoba dan langsung menuju ke tempat paling terkenal di kota ini, Mezquita Catedral (Great Mosque of Cordoba).  Cordoba dulunya merupakan ibu kota pemerintahan muslim Al Andalus yang wilayahnya adalah semenanjung Iberia (spanyol dan Portugal). Masjid Cordoba merupakan peninggalan sejarah Islam pada masa pemerintahan Bani Umayyah yang pertama kali dibangun pada 784 M pada masa Khalifah Abdurahman I dan selesai kira kira tahun 987 M . Di bangun dengan gaya arsitektur Moorish hingga akhirnya jatuh ke tangan Raja Leon Alfonso VII pada awal 13 (dikenal dengan penaklukan kembali Spanyol).

Didalam masjid ini banyak sekali terdapat pilar pilar dan juga terdapat Mihrab (tempat Imam) yang menghadap ke selatan ( bukan ke Kiblat) dengan ukiran kaligrafi indah pada dindingnya.

Mihrab

Setelah terjadinya penaklukan kembali Spanyol Masjid ini diubah peruntukannya menjadi gereja. Hal itu dilakukan dengan di bongkarnya bagian tengah masjid dan di didirikan Catedral.

Catedral de la Sede
Masjid Cordoba ini terletak persis di pinggir sungai Guadalquivir dengan jembatan Romanov (Puerta Romanov) yang berdiri kokoh dan jika dimalam hari diterangi lampu lampu yang akan keliatan indah sekali.

Puente Romanov, Cordoba
Selain Mezquita, diCordoba ada lagi peninggalan Sejarah Islam yang terkenal yaitu Medina Azahara yang terletah agak keluar kota Cordoba. Sayang sekali ketika kita tiba di Medina Azahara tempat tersebut telah tutup karena memang waktu sudah malam. Dengan menyesal kita kembali berkendara menuju Granada melewati gurun gurun dengan pohon zaitun. Sangat menegangkan karena hanya sedikit sekali mobil yang melintas dijalur ini pada malam hari. Meskipun sepi dan berada di tengah kebun zaitun tapi kecepatan berkendara hanya berkisar 60 - 80 km. jangan sekali kali ngebut dijalur ini karena selama pulang pergi Granada - Cordoba - Granada kita selalu melihat ada mobil patroli polisi yang bersembunyi dijalan kecil diantara pohon pohon zaitun.